Sebelum Menyesal, Bergaul dengan Cara yang Benar Ini

Banyak anak-anak ketika memasuki usia remaja kebiasaan yang baik jadi ditinggalkan, dan sangat mungkin melakukan hal yang buruk-buruk. Faktor utama yang menyebabkan perubahan sikap secara drastis pada diri remaja adalah pergaulan. Seperti kata pepatah, jika kamu ingin wangi,maka bertemanlah dengan tukang minyak wangi. Artinya jika kita berteman dengan orang baik dan taat beragama, insyaallah kita bisa terbawa ke hal-hal yang baik pula.

Kali ini aku coba memberikan beberapa tips bergaul dengan benar, agar masa muda kita terhindar dari hal-hal yang merugikan diri sendiri.

1. Jangan mudah tergoda

Godaan adalah mutlak dari syetan yang berwujud manusia, mereka kadang memaksa, ketika iman kita lemah, akhirnya kita pun mengikuti kemauannya secara terpaksa ataupun tidak. Pada saat inilah iman kita diuji secara bertubi-tubi. Jadi ingatlah selalu akibat yang akan ditimbulkan dari perbuatan tersebut nantinya.

2. Pikirkan akibatnya

Ini hal yang penting juga agar kita berpikir ke depan mengenai akibat dari apa yang akan terjadi nanti. Hukum sebab akibat pasti selalu ada dalam kehidupan, jangan remehkan hal-hal sekecil apapun jika nanti berakibat tidak baik.

3. Jaga jarak dengan lawan jenis

Maksud menjaga jarak disini bukan berarti kita harus terus menjauh dengan lawan jenis. Hal ini dilakukan pada saat-saat tertentu saja, khususnya bagi remaja yang sedang berpacaran. Selain menjaga jarak,kita juga harus mengingat dua poin diatas.

4. Banyak bergaul dengan orang baik

Apa yang dikatakan pepatah tentang berteman adalah gambaran bahwa jika seseorang berteman dengan orang baik, maka insyaallah dia akan terbawa baik, bagaimana dengan orang yang bergaul dengan orang jahat, belum tentu juga dia akan terbawa jahat, syaratnya adalah mengingat ke tiga poin di atas. Tapi alangkah sempurnanya memang jika kita bergaul dengan orang-orang yang berguna bagi kita untuk membangun pribadi yang lebih baik setiap harinya.

Semoga tips diatas akan membantu para remaja agar tidak terjerumus dengan hal-hal yang negatif dan menjadikan dirinya remaja yang sukses dalam bergaul.

Picture by cover film Akibat Pergaulan Bebas

0 Response to "Sebelum Menyesal, Bergaul dengan Cara yang Benar Ini"

Post a Comment