Memutihkan Gigi dengan Beberapa Cara ini

Gigi putih
Gigi merupakan hal penting bagi kecantikan. Pada awalnya kita terlahir dengan gigi yang putih dan bersih. Seiring berjalannya waktu dan kebiasaan hidup, warna dan posisi gigi akan berubah. Jika gigi tidak rapi dan putih senyumpun akan terlihat tidak menarik. Sekarang ini ada banyak metode pemutihan gigi. Sebelumnya kita ketahui dulu apa yang menyebabkan perubahan warna pada gigi.

Penyebab perubahan warna pada gigi
  • Obat antibiotik
  • Kebiasaan merokok
  • Kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang menyebabkan noda pada gigi, seperti wine, kopi, teh, drink, soda, saus, kecap, cherry dan blackberry.
Tidak harus berhenti mengkonsumsi semua daftar makanan di atas, namun dianjurkan untuk menguranginya. Untuk jenis minuman di atas, gunakan sedotan saat meminumnya untuk mencegah menodai gigi.

Proses pemutihan gigi
Gigi memiliki lapisan luar yang semi transparan atau tembus cahaya, disebut juga dengan enamel. Lapisan dibawah enamel disebut dengan dentin, rata-rata berwarna kuning, cokelat, abu-abu, atau hitam. Rona warna inilah yang terlihat melalui enamel. Jadi sebenarnya yang diputihkan dari gigi adalah lapisan dentin dengan menggunakan cairan peroksida yang diletakan pada enamel. Pori-pori enamel akan terbuka sehingga cairan peroksida dapat mencapai lapisan dentin dan terjadilah pemutihan dentin yang membuat gigi terlihat putih.

Whitening Toothpastes
Pasta gigi pada umumnya mengandung bahan abrasi ringan yang dapat membantu menghilangkan noda pada gigi. Di dalam pasta gigi pemutih terkandung bahan pemulas yang lembut atau zat kimia yang dapat menambah "tenaga" untuk menghilangkan noda pada gigi. Jadi sebenarnya pasta gigi pemutih tidak mengandung zat pemutih yang dapat memutihkan gigi, namun hanya menghilangkan noda pada gigi yang membuat gigi terlihat lebih bersih.

In-office Whitening
Metode pemutihan gigi ini dilakukan oleh dokter yang tercepat dan paling efektif. Produk pemutih gigi akan diaplikasikan langsung pada permukaan gigi,lalu dipanaskan dengan sinar laser khusus. Prosesnya dapat memakan waktu satu jam, efeknya secara langsung dapat terlihat dalam satu kali pertemuan saja. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dibutuhkan beberapa kali pertemuan.

Whitening Gels and Strips
Pemutih gigi ini mengandung peroksida dan biasanya berwarna bening. Cara menggunakannya dengan dipulaskan langsung pada permukaan gigi dengan bantuan kuas. Digunakan dua kali sehari selama dua minggu. Hasilnya akan terlihat dalam beberapa hari setelah pemakaian dan akan bertahan hingga empat bulan. Sedangkan untuk strip atau penggosok, bentuknya tipis dn dilapisi dengan gel pemutih gigi yang mengandung peroksida. Digunakan pada gigi dua kali sehari selama 30 menit dalam kurun waktu 14 hari untuk hasil yang dapat terlihat beberapa hari dan bertahan hingga empat bulan.

[gtm]