Manfaat yang Terkandung Dalam Santan

Santan Kelapa
Santan tak selamanya berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satu bahan makanan atau minuman yang terbuat dari sari kelapa tua yang diparut ini ternyata memiliki beberapa manfaat yang dibutuhkan tubuh kita.

Seperti dikutip eHow yang diwartakan Wolipop, inilah beberapa manfaat yang terkandung dalam santan.

1. Nutrisi

Santan memiliki banyak kandungan nutrisi, mulai dari vitamin, mineral dan elektrolit. Santan kaya akan zat besi, 22% dari kebutuhan harian. Selain itu santan juga mengandung magnesium, pospor, potassiun, tembaga, selenium, seng, folat dan vitamin C. Juga sejumlah vitamin lainnya; vitamin E, K, thiamin, B16, niacin, kolin, asam pantothenic dan kalsium.

2. Lemak Jenuh

Lemak jenuh yang terkandung dalam santan terbuat dari asam lemak rantai pendek hingga sedang, dan dapat berubah menjadi energi. Oleh karena itu, walau pun mengandung lemak jenuh, santan bisa bantu menurunkan berat badan.

3. Asam Laurat

Setengah dari asam lemak rantai sedang yang ada pada santan mengandung asam laurat. Asam laurat berguna sebagai anti-virus, anti bakteri, anti mikroba dan anti jamur. Santan juga dipercaya bisa meningkatkan sistem imun.

4. Meredakan sakit

Jika Anda mengalami radang tenggorokan atau sakit bisul, cobalah untuk mengkonsumsi santan. Santan dipercaya dapat meredakan gejala penyakit tersebut.

5. Perawatan kulit

Selain dikonsumsi, santan ternyata baik untuk melembapkan kulit yang kering dan keriput. Selain itu, gunakan santan untuk keramas secara rutin jika ingin memiliki rambut halus dan mudah diatur. Santan juga bisa digunakan untuk mandi dengan cara berendam.

Semoga bermanfaat. Happy reading!

[gtm]

0 Response to "Manfaat yang Terkandung Dalam Santan"

Post a Comment