Lima Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk Pelajar atau Mahasiswa

Pelayan
Banyak pelajar atau mahasiswa yang ingin hidup mandiri sedari dini. Namun terkadang mereka kebingungan bagaimana memulainya, dan pekerjaan apa yang kira-kira cocok untuknya. Dalam artian tidak mengganggu jam belajarnya.

Nah, di bawah ini adalah pekerjaan-pekerjaan yang bisa jadi referensi kamu untuk dicoba.

1. Pelayan Kafe/Kedai

Kalau kamu tinggal di kota besar, pastinya sangat mudah menemukan restoran, kafe atau kedai. Biasanya mereka mengandalkan bantuan pekerja dari anak sekolah atau mahasiswa untuk menjadi pelayan atau waiter. Sebagai pelayan, atau host, kamu harus merasa nyaman di sekitar orang lain dan bersedia untuk memenuhi semua kebutuhan mereka. Pasang senyum agar pelanggan/tamu merasa nyaman dengan suasananya.

2. Pencuci Piring

Jika bekerja sebagai pelayan atau host kurang membuat kamu percaya diri, mungkin pekerjaan di belakang layar dapat membantu anda. Di setiap restoran biasanya ada seorang bussers - orang yang membawa piring ke belakang - dan orang yang mencucinya. Nah, pekerjaan itu kan tidak membutuhkan banyak interaksi dengan para tamu, jadi sangat cocok bagi kamu yang pemalu.

3. Penjaga Perpustakaan

Perpustakaan sering mempekerjakan siswa SMA untuk membantu mengatur buku-buku di rak-rak dan untuk menempatkan kembali buku-buku yang telah dipinjam. Kerja lainnya di perpustakaan mungkin sebagai kebersihan, atau sebagai operator yang biasa di depan komputer. Sungguh nyaman bekerja di tempat seperti ini, di samping menambah wawasan tentang buku-buku, juga lingkungannya tenang dan bersih.

4. Baby Sitter

Ini pekerjaan yang mulia, karena menjaga seorang anak manusia. Bagi ibu yang sibuk dan mungkin ada keperluan keluar di malam hari, sementara anak harus ditinggal, biasanya akan meminta pertolongan untuk menjaga anaknya. Jika ada kesempatan seperti itu, kenapa tidak kamu lakukan. Sudah dibayar, kamu juga bisa belajar menjadi seorang ibu pula.

5. Pengantar koran

Karena rute koran biasa dilakukan pada pagi hari buta, remaja muda menjadi kandidat ideal untuk pekerjaan ini. Kalau kamu punya sepeda, manfaatkan itu dan tentunya tidak perlu membutuhkan SIM (Surat Izin Mengemudi).

disarikan dari ehow.com
Picture by Zimbio