Jangan Salah Kaprah Tentang Penyebab Gigi Ngilu

Sakit gigi
Teman, pernah ngga merasa gigi kamu ngilu ketika makan es krim yang dingin itu? Kalau pernah, masih kah kamu beranggapan bahwa penyebabnya adalah es krim tersebut? Yuk kita cari tahu lewat artikel ini.

Banyak orang beranggapan bahwa penyebab gigi ngilu adalah ketika kita makan es krim, makanan yang berasa asam, dan sebagainya. Mereka mengira bahwa makanan dan minuman panas, dingin, atau asam yang menjadi penyebab masalah gigi sensitif. Mereka lalu membuat solusi dengan menjauhi makanan-makanan tersebut, padahal itu semua adalah mitos.

Sebenarnya bukan makanan atau minuman yang menyebabkan rasa ngilu tersebut, tetapi disebabkan adanya saluran dentin gigi yang terbuka, sehingga rangsang dingin, asam, atau panas dari makanan dan minuman masuk melalui saluran dentin yang terbuka tersebut dan langsung mencapai saraf gigi, akhirnya gigi terasa ngilu bukan kepalang.

Solusi yang tepat adalah menggunakan pasta gigi yang dapat mengurangi masalah gigi sensitif. Sekarang telah banyak produsen pasta gigi yang telah menyediakan pasta gigi khusus untuk penderita gigi sensitif. Bahan aktif yang terdapat dalam pasta gigi sensitif merupakan kombinasi HAP Mineral (Hydroxyapatite) dan Potassium Citrate, bahan ini masuk ke saluran dentin yang terbuka dan membantu mengurangi rasa ngilu. Zinc Citrate-nya mencegah penurunan gusi sehingga mengurangi risiko terjadinya gigi sensitif di kemudian hari.

[gtm]