Peneliti: Ketagihan Selfie Bisa Jadi Kelainan Jiwa

Selfie
Selamat siang dan selamat berakhir pekan, sobat. Ada yang suka selfie? Yup, kali ini kita akan bahas tentang selfie. Istilah selfie itu sendiri adalah memotret diri sendiri.

Selfie sah-sah saja namun harus dilakukan sewajarnya. Menurut peneliti asal Inggris, ketagihan selfie bisa jadi suatu kelainan jiwa. Body Dysmorphic Disorder adalah salah satu gangguan jiwa yang bercirikan keinginan untuk selalu memotret diri sendiri. Orang dengan istilah ini akan selalu terobsesi untuk mendapatkan foto diri yang terbaik. Selfie dan keinginan mendapatkan foto diri terbaik bisa menimbulkan depresi bila keinginan tidak terpenuhi.

Seorang remaja di Inggris mencoba bunuh diri setelah beberapa kali mencoba selfie tapi gagal mendapatkan potret diri yang menurutnya terbaik. Menurut para ahli jiwa, saat ini selfie sudah membuat kecanduan dan terobsesi untuk selalu memotret diri sendiri. Sepasang suami istri asal Polandia terjatuh dari sebuah tebing di Portugal setelah mencoba selfie disaksikan kedua anaknya. Seorang pelajar 14 tahun di Manila tewas setelah terjatuh dari tangga sekolah saat selfie.

Selfie tidaklah menyeramkan selama dilakukan secara wajar dan tidak di tempat-tempat yang berbahaya. Lakukan selfie saat kamu berhasil melakukan suatu pekerjaan bukan selfie yang semata-mata untuk menampilkan wajahmu. Foto selfie sebaiknya dibagi hanya untuk teman-teman dekat, bukan dibagi ke seluruh dunia.

Sekian semoga bermanfaat bagi semua. [wyt]