Jadi Orang Baik Harus Memiliki Enam Kriteria Ini

Menjadi remaja yang baik tentu membuat orang tua merasa nyaman dan bangga pada kita. Tidak pernah merepotkan dan membuat orang tua stress karena tingkah laku kita. Zaman sekarang rasanya semakin sedikit remaja-remaja yang berprilaku baik. Memang semua itu tak lepas dari peran orang tua mendidik dan mengingatkannya, memberi tahu mana yang baik dan mana yang tidak baik. Karena masa remaja adalah masa dimana semua rasa keingin tahuan teramat besar, sehingga ada indikasi semua hal akan dicobanya, termasuk narkoba.

Sebelum merasakan semua itu tangkal dengan enam kriteria untuk menjadi orang baik berikut ini.

Pola pikir

mengembangkan pikiran yang akan membantu menjadi sosok yang lebih dewasa dan bertanggung jawab. semua hal berbau negatif akan menyulitkan kita meraih kesuksesan, itu akan menghalangi langkah baik kita yang telah direnacanakan sebelumnya. Sikap positif akan menarik hal-hal yang positif juga. Jadi bentuk pola pikir yang positif.

Etika

Beretika yang baik akan banyak orang menyukai kita. Bayangkan jika kita tak punya etika dalam kehidupan ini, hanya orang-orang tertentu yang mungkin masih menyukai kita. Tentu saja hal tersebut tidak membuat kita dipercaya oleh lingkungan sekitar. Jadi beretikalah yang baik sesuai kaidah kehidupan, agar semua menyukai kita.

Cara berbicara

Berbicara yang santun adalah syarat kita menjadi seseorang yang meningkatkan diri ke posisi dewasa. Cara bicara orang yang tidak dewasa membuat dirinya sendiri jauh dari kesan berwibawa. Berbicara yang santun tidak harus kepada orang tua saja, tapi ke semua tingkat manusia, dari yang kecil hingga dewasa tanpa melihat latar belakang orang tersebut.

Kemampuan mengorganisir 

tercapainya kemandirian seseorang akan sangat mudah jika kita memiliki kemampuan mengorganisir. Hal ini berkaitan dengan cara mengatur waktu,keuangan serta bergaul.

Hasrat

Hasrat adalah perasaan yang berkaitan dengan mimpi seseorang. Hasrat remaja mempunyai keinginan yang kuat dan dibangun dari sini.

Pendidikan

Hal penting dari semua hal diatas adalah pendidikan. Pendidikan tidak hanya bisa diperoleh dari tempat formal seperti sekolah atau universitas. Pendidikan bisa diperoleh dari lingkungan sekitar kita dan semua hal yang berhubungan dengan kita.

[gtm]

0 Response to "Jadi Orang Baik Harus Memiliki Enam Kriteria Ini"

Post a Comment