Penyebab-Penyebab Nyeri Punggung

Nyeri punggung
Punggung adalah bagian tubuh yang menopang bagaimana kita berdiri tegak. Dalam tulang punggung terdapat susunan syaraf yang amat vital. Seringnya nyeri punggung bisa disebabkan karena penyakit dan cedera.

Namun ada beberapa penyebab lain nyeri punggung yang terkesan sepele. Penyebab-penyebab itu diantaranya adalah:

1. Salah melakukan gerakan tubuh

Gerakan memutar membungkuk, atau mengangkat beban berat yang tidak dilakukan secara benar yang merupakan penyebab paling umum terjadi. Gerakan ini bisa mengakibatkan cedera karena otot dan urat.

2. Sikap tubuh yang kurang tepat

Nyeri juga bisa timbul akibat sikap tubuh yang kurang tepat. Misalnya terlalu tegak atau justru membungkuk. Duduk dalam keadaan tidak rileks saat bekerja juga bisa memicu punggung terasa sakit.

3. Minim aktivitas

Selain itu hidup yang jarang bergerak alias minim aktivitas dan kurang berolahraga juga bisa bikin otot lemah dan kurang lentur. Sebab otot punggung yang lemah tidak akan mampu menyokong punggung secara maksimal.

4. Osteoporosis

Pengeroposan tulang atau osteoporosis juga menjadi salah satu penyebab pemicu nyeri punggung. Berkurangnya massa tulang ternyata memudahkan terjadinya patah tulang belakang.

5. Stres

Stres yang kita rasakan akan memperberat rasa nyeri pada punggung. Saat stres, otot punggung lebih tegang sehingga membuat kita lebih sensitif. Hal ini terjadi karena otot punggung yang tegang mengalami kekurangan pasokan aliran darah yang mengandung oksigen dan nutrisi.

Demikian artikel penyebab-penyebab nyeri punggung seperti dikutip dari citacinta.

[gt]

0 Response to "Penyebab-Penyebab Nyeri Punggung"

Post a Comment