Ini Upaya Mencegah Bayi Lahir Prematur

Kehamilan
Apa yang menyebabkan bayi lahir prematur? Apakah hal ini bisa dicegah?

Menurut dr.Dwiana Ocviyanti Sp.OG., seperti dilansir voolipzone, ada dua jenis kelahiran prematur. Pertama, kelahiran spontan karena proses persalinan sebelum usia kehamilan cukup bulan (Kira-kira 37 minggu atau lebih). Kedua, janin terpaksa dilahirkan sebelum cukup bulan karena ada komplikasi yang membahayakan nyawa ibu atau janin. Penyebabnya antara lain infeksi pada jalan lahir atau organ tubuh lain, seperti infeksi gigi atau saluran kemih atau kontraksi berlebihan.

Komplikasi yang menyebabkan janin terpaksa lahir prematur bisa terjadi antara lain pada kondisi keracunan kehamilan, pendarahan karena ari-ari yang letaknya menutupi jalan lahir, sampai ketuban pecah. Upaya pencegahan bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin. Pada pemeriksaan kehamilan, akan terdeteksi kondisi yang dapat menimbulkan risiko bayi lahir prematur.

Semoga para ibu, khususnya yang sedang mengandung dapat menyadari betapa pentingnya memeriksakan kehamilan secara berkala ke dokter. Mencegah lebih baik bukan?

[os]

0 Response to "Ini Upaya Mencegah Bayi Lahir Prematur"

Post a Comment