Perkenalkan! Chris Hadfield, Astronot yang Gemar Bernyanyi dan Tweetpic dari Angkasa

Hadfield sedang Bernyanyi
Amerika Serikat - Astronot bernama Chris Hadfield terkenal sebagai astronot yang gemar bernyanyi dan suka update status twitter atau istilahnya "ngetweet" foto dari luar angkasa. Bagi dirinya setiap menit di angkasa sangat berarti.

Astronot yang telah mengelilingi bumi sebanyak 2.593 kali ini, merupakan orang Kanada pertama yang hidup di luar angkasa.

"Saya tidak merasa terpisah, yang ada justru kedakatan dengan semua manusia karena saya bisa melihat mereka setiap saat dari luar angkasa," tuturnya.

"Saya merasa bahwa orang di bawah sana menatap ke atas saat saya melihat ke bawah," kata Hadfield. "Ada rasa keterikatan yang sangat kuat bagi saya."

Waktu kecil Hadfield memang berhasrat ingin menjadi seorang astronot. Menurut pengakuannya, mimpinya menjadi astronot mulai tumbuh saat ia berusia sembilan tahun ketika dirinya melihat tayangan manusia mendarat di bulan.

Hadfield tumbuh di daerah pertanian di Ontario dan menjadi komandan Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Ia kemudian menamatkan pendidikan sebagai insinyur di Sekolah Militer Royal Kanada sebelum akhirnya diterima dalam program astronot di Badan Luar Angkasa Kanada tahun 1992. Menghabiskan 26 tahun pelatihan kemudian ikut dalam misi ke luar angkasa hingga saat ini. [wyt]