Ini Bukti Olahraga Dapat Memperpanjang Usia

Otot Tangan
Peneliti di Swedia mengklaim dapat memprediksi berapa lama manusia bisa hidup dilihat dari kemampuan ototnya.

Peneliti melakukan penelitiannya selama 24 tahun pada manusia di usia remaja sebanyak lebih dari satu juta pria. Mereka menemukan pria yang memiliki otot kaki dan lengan yang lemah, tingkat risiko kematian dini cukup tinggi, demikian dilansir BBC.

Pengaruh kekuatan otot ternyata mirip dengan faktor risiko penyebab kematian dini seperti obesitas dan tekanan darah tinggi. Pria yang terlalu gemuk atau terlalu kurus yang memiliki kekuatan otot yang lemah memiliki peluang hidup yang rendah. (Baca: Cara Diet yang Efektif)

Sementara bagi mereka yang memiliki otot lebih kekar, walaupun mengalami kelebihan berat badan, memiliki peluang bertahan hidup lebih baik.

Manfaat aktif secara fisik pada usia berapa pun dapat mencegah para anak-anak dari penyakit yang berkembang ketika mereka dewasa. Penting untuk mendorong anak menyukai kegiatan fisik dan melakukannya secara teratur.

Dengan latihan fisik secara teratur, bukan hanya membuat fisik lebih bugar, tetapi juga dapat meningkatkan konsenstrasi dan kesehatan mental. Demikian artikel ini dilansir. Semoga bermanfaat. [nopp]