Hijabers, Tetap Jaga Kesehatan Rambut Anda dengan Cara Ini

Wanita Berhijab
Alhamdulillah ya sepertinya hijabers (sebutan untuk wanita berhijab) makin banyak dan menjamur di Indonesia. Berhijab artinya menutup semua rambut yang ada di kepala. Dengan tertutupnya rambut, otomatis akan membuat sedikit bermasalah bagi kesehatan dan keindahan rambut.

Tapi tenang, ada cara kok agar rambut tetap terjaga keindahannya walau rutin berhijab. Seperti dikutip dari healthairs, simak cara menjaga keindahan rambut walau sering berhijab berikut ini.

Pemilihan bahan hijab yang tepat

Jika dalam cuaca yang panas, usahakan memakai hijab yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat, serta adem dan nyaman ketika dikenakan. Misalnya saja hijab pashmina shawl, atau paris. Hijab ini tak akan membuat keringat menumpuk di kepala.

Rajin mencuci rambut atau keramas

Keramas sangat penting bagi kebersihan kulit kepala dan juga kesehatan rambut. Segala kotoran yang tersisa selepas beraktifitas mungkin akan menumpuk jika Anda malas keramas. Tak ayal bakteri jahat yang merusak kesehatan rambut dan kulit kepala menjadi berkembang biak dengan bebas.

Oleh karena itu, rajinlah mencuci rambut atau keramas minimal tiga kali dalam seminggu. Usahakan jangan sering gonta-ganti shampo. Setelah keramas, gunakanlah kondisioner untuk menetralkan kembali kondisi rambut.

Keringkan rambut dengan sempurna

Kerontokan rambut dan kadang disertai gatal biasanya diakibatkan oleh seringnya memakai hijab ketika rambut masih dalam keadaan sedikit basah. Oleh sebab itu, keringkanlah rambut Anda dengan sempurna selepas keramas.

Menyisir rambut

Selain merapikan, menyisir rambut juga berguna bagi kelancaran peredaran darah di kulit kepala. Gunakanlah sisir yang tepat dengan tipe rambut Anda agar terhindar dari kerontokan. Jika rambut dalam keadaan basah, lakukanlah secara perlahan. Menyisir rambut dalam keadaan basah tidak dianjurkan.

Memakai masker rambut

Bukan wajah saja yang perlu dimasker. (Baca: Masker dari Bahan Alami untuk Kulit Wajah). Rambut juga butuh dimasker untuk menjaganya agar tetap sehat dan kuat. Bisa membeli atau bahakan membuat sendiri masker untuk rambut ini. Lakukanlah setidaknya satu minggu sekali.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat bagi Anda. [nopp]