Akhirnya, pesan kode merpati pada perang dunia II terpecahkan

Kotak surat di kaki burung
Gord Young, seorang yang berasal dari Kanada, mengatakan butuh waktu 17 menit untuk memecahkan kode pesan setelah menyadari bahwa buku kode yang dimilikinya adalah sebagai kunci untuk memecahkan sebuah pesan kode.

Pesan ini pertama kali ditemukan oleh seorang pria berusia 74 tahun bernama David Martin saat dia merenovasi cerobong asap rumahnya di Bletchingley, Surrey.

Young mengatakan catatan yang dibuat tahun 1944 tersebut adalah kode sederhana Perang Dunia untuk mengungkap posisi tentara Jerman di Normandy.

Dan ini pesan kode yang berhasil dipecahkannya.


Sebelumnya, pesan yang menarik perhatian media dunia ini diserahkan ke pemecah kode terkemuka di Inggris GCHQ awal november silam, tetapi mereka tidak berhasil memecahkannya.

Mereka tetap meyakini bahwa pesan itu tidak mungkin untuk dipecahkan, meski seorang juru bicara mengaku mereka akan sangat senang untuk melihat pemecahan yang dilakukan oleh Young.

"Kami tetap pada pendirian kami pada 22 November 2012 bahwa tanpa akses ke buku kode yang relevan dan penggunaan tambahan enkripsi, pesan ini tetap tidak mungkin dipecahkan,'' katanya.

Bagaimanapun, Young, seorang editor kelompok sejarah lokal, Riset Warisan Lakefield meyakini ''orang mencoba memecahkan masalah ini dengan berpikir terlalu berat.''

"Ini tidak kompleks,'' katanya.