Hewan Ini Lari 100 Meter Hanya dengan Enam Detik

Cheetah bernama Sarah
Selama ini Cheetah memang dikenal dengan larinya yang cepat. Belum lama ini, hewan yang dijuluki 'Kucing Besar' yang bernama Sarah dinobatkan sebagai Cheetah tercepat di dunia. Demikian seperti diwartakan Kompas pada Sabtu (4/8/12).

Cheetah betina berusia 11 tahun ini menghuni Kebun Binatang Cincinati, Ohio, Amerika Serikat. Cheetah ini bisa berlari dengan jarak 100 meter dalam waktu 5,95 detik saja!

Dibandingkan dengan cheetah ini, kemampuan manusia masih sangat jauh. Pelari tercepat di dunia asal Jamaica, Usain Bolt, yang berkompetisi di Olimpiade London, Olimpiade yang pas pembukaannya ada UFO itu, hanya mampu menempuh jarak 100 meter selama 9,58 detik.

Rahasia kecepatan gerak cheetah ialah pada tulang belakang yang fleksibel, mampu membuat cheetah menempuh 6,7 meter dalam setiap langkah. Cheetah juga selalu mempercepat gerakannya saat lari.

Cheetah merupakan salah satu hewan yang terancam punah. Hingga saat ini, hanya 9.000-12.000 cheetah yang hidup di alam liar.

Sarah si Cheetah tercepat ini, kini menjadi bagian dari Cat Ambassador Program. Lari cepatnya didokumentasikan untuk mendukung progran konservasi kucing besar, Big Cat Inisiative.

[gtm]

0 Response to "Hewan Ini Lari 100 Meter Hanya dengan Enam Detik"

Post a Comment