Biar Lagi "Dapet" Tetap Bisa Melakukan Hal Ini kok!

Jogging
Ketika kamu menstruasi terlalu banyak larangannya? Sebenarnya sama saja dengan hari biasa, menstruasi bukan halangan untuk beraktivitas. Bedanya, hanya sedikit dikurangi saja. Maklum, saat itu memang tubuh sedang tidak sesemangat biasanya.

Hal ini karena pengaruh hormon progesteron yang membuat tubuh kamu jadi lebih santai sehingga cepat mengantuk. Tetapi hal-hal seperti di bawah ini masih bisa dilakukan kok.

Berenang
Secara teori, pembuluh darah yang terbuka bisa mengecil saat terkontak dengan air. Makanya saat berada di kolam renang, tidak mungkin darah kamu membanjiri kolam. Tapi, pastikan kamu tidak berenang terlalu lama karena kuman di kolam bisa bersarang di pembalut dan menyebabkan infeksi.

Tips: Berenang sebentar bisa meringankan kram dan pegal di perut serta punggung kamu. Namun, sebelum turun ke kolam renang pastikan kamu menggunakan pembalut yang baru agar kebersihan "taman kecil" tetap terjaga.

Olahraga
Malas olahraga saat haid? Kamu salah. Justru olahraga jadi solusi yang tepat untuk menghilangkan pegal selama haid. Syaratnya, pilih olahraga yang ringan seperti yoga atau joging, dan jangan diforsir. Soalnya selama menstruasi, banyak pembuluh darah yang terbuka, sehingga jika kamu memaksa olahraga berat, kamu bisa mengalami pendarahan.

Selama yoga pun sebaiknya kamu memilih gerakan yang mudah. Jangan melakukan gerakan hand-stand, karena bisa menyebabkan pendarahan.

Tips: Olahraga saat menstruasi akan membuat tubuh memproduksi asam laktat lebih banyak. Asam laktat ini berguna untuk menghancurkan lemak. Tuh, lagi 'dapet' bukan alasan buat absen olahraga, dong.

Diet
Mentang-mentang badan lemas, kamu ngemil seenaknya. Tak peduli, deh, camilannya makanan manis dan gorengan, yang penting perut terisi. Biasanya, nih, suasana hati yang tidak nyaman saat haid memang membuat kamu maunya ngemil terus. Sayangnya kamu juga malas bergerak. Tidak heran kalau berat badan akhirnya melonjak.

Kurangi makanan manis, kafein, dan garam, serta perbanyak mengonsumsi buah, sayuran, dan gandum utuh untuk meredam fluktuasi hormon dalam tubuh.

Tips: Jangan malas minum susu, karena jika tubuh mendapat asupan kalsium yang cukup, nyeri haidnya pun akan berkurang.

[citacinta]

0 Response to "Biar Lagi "Dapet" Tetap Bisa Melakukan Hal Ini kok!"

Post a Comment