Robot Asimo Makin Mirip Manusia

Robot Honda
Asimo, karya besar robot humanoid (robot yang menyerupai manusia) ciptaan Honda yang mirip dengan astronot putih ini adalah salah satu pendorong berkembangnya teknologi robot modern bagi Jepang dan Dunia. Robot yang pertama kali dibuat di Pusat Penelitian Teknik Fundamental Wako di Jepang sudah dikembangkan sejak tahun 1986 dengan nama yang berasal dari kata “Advance Step in Innovative Mobility”, artinya adalah langkah besar dalam pergerakan inovatif.

Asimo yang baru saat ini sudah bisa lari dengan kecepatan 9 km/jam, berjingkat, menuangkan air minum, dan berinteraksi dengan manusia dengan sendirinya.

Robot humanoid Asimo terbaru kini dilengkapi dengan kontrol teknologi tingkah laku mandiri yang pertama di dunia. Teknologi baru ini pada dasarnya akan membuat Asimo mampu bergerak secara terus menerus secara otomatis tanpa perlu di kontrol oleh manusia, dan meningkatkan intelegensia serta kemampuan fisik Asimo untuk beradaptasi dengan situasi lingkungan sekitar.

Robot Honda berjabat tangan

Kemampuan yang telah ditingkatkan dalam perkembangan Asimo adalah pengenalan terhadap benda yang dapat bergerak di sekitarnya, membedakan suara, berjabat tangan pada orang yang menawarkan, melambaikan tangan pada orang yang juga melambaikan tangan, dapat menunjuk, berjalan dari menari, membawa benda, mengenali wajah dan mampu membedakannya, memalingkan wajah saat mendengar suara yang tidak sewajarnya seperti tabrakan atau benda jatuh, mengenal bahaya seperti tidak memukul manusia atau benda bergerak lainnya,serta menari mengikuti irama musik.