Manage Isi Dompet Kamu

Isi Dompet
Kita sering sekali menumpuk apapun di dalam dompet. Mulai dari bon belanjaan, bon pembayaran, kartu member, kartu diskon, kartu kredit, foto orang-orang tersayang, hingga uang receh. Dompet pun terlihat sangat tebal. Hati-hati! Bisa-bisa Anda diincar copet.

Ibarat tubuh yang gemuk dan tak sehat, dompet gemuk pun perlu disehatkan kembali. Caranya, dengan detoks atau mengeluarkan benda-benda yang tak dibutuhkan (lagi). Apa saja yang perlu dikeluarkan?

1. Singkirkan bon tak perlu

Karena Anda akan mengira dompet tebal karena menyimpan lembaran uang. Lakukan paling lama sebulan sekali. Lebih bagus jika tiap kali selesai berbelanja, Anda langsung mendetoks dompet di rumah. Jika ingin menyimpan sejumlah bon, pilih yang paling terakhir diterima, atau yang harus disimpan karena garansi barang yang Anda beli hanya seminggu atau sebulan saja.

2. Susun uang berdasarkan besar-kecilnya

Anda punya kebiasaan menyusun uang di dompet mulai dari pecahan paling kecil hingga pecahan besar? Selain enak dilihat, cara ini akan memudahkan Anda ketika hendak mengecek berapa jumlah uang yang ada di dompet.

3. Sediakan dompet receh

Keberadaan uang koin receh sebenarnya antara perlu dan tidak. Namun, jika disimpan di dalam dompet, uang receh ini hanya membuat dompet menjadi tebal dan berat. Ada baiknya simpan uang receh ini di dompet khusus. Jika ingin tetap menyimpannya di dompet utama, carilah dompet yang memiliki bagian kecil untuk recehan dan simpanlah beberapa koin saja.

4. Simpan dua kartu saja

Sederet kartu kredit yang menghiasi dompet memang membuat Anda terlihat kredibel dan "mampu". Padahal, sebenarnya keberadaan kartu-kartu ini membuat hidup Anda boros. Untuk menghindarinya, bawa 1-2 kartu kredit saja. Begitu pula dengan kartu ATM. Sisanya, simpan saja di rumah. Bawa jika Anda benar-benar memerlukannya.

5. Jangan bawa uang berlebih

Ini untuk mengurangi risiko uang hilang karena kecopetan dan membuat Anda lebih berhemat. Jika Anda membutuhkan uang sewaktu-waktu, mampirlah sejenak ke ATM untuk menarik dana tunai.

6. Keluarkan kartu nama

Seringkali kita menyimpan kartu nama dari relasi, kenalan atau bahkan kartu nama kita sendiri di dalam dompet. Ini saatnya mengeluarkan kartu-kartu itu. Anda bisa menempatkannya di tempat khusus kartu nama.

7. Tak Perlu simpan semua kartu keanggotaan

Berapa banyak kartu member departement store/supermarket yang Anda miliki? Apakah kartu-kartu itu selalu digunakan? Jika tidak, simpan saja di rumah. Bawalah kartu yang memang sering atau berencana Anda gunakan.

8. Pasang satu foto saja

Boleh saja memasang foto pribadi, foto bersama teman atau orang-orang terkasih sebagai pemanis dompet. Tapi, cukup satu saja, ya. Sebenarnya tumpukan foto juga membuat dompet terlihat tebal, lho.

9. Yang wajib ada

Meski dompet didetoks, tak lantas semuanya dikeluarkan. Ada beberapa item yang wajib ada di dalam dompet yaitu KTP, SIM dan STNK, serta kartu karyawan (bila ada).