7 Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh (TERBUKTI!!)

Manfaat Tertawa
GALATEMA.COM, Jakarta - Benar kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Di antara seabrek masalah dan berbagai hal negatif yang menambah beban, terapkan tujuh cara alami dan sederhana ini supaya tubuh tidak mudah sakit dan hati lebih gembira.

1. Tertawalah dengan lepas.

10 menit tertawa lepas dalam sehari akan menurunkan resiko serangan jantung. Wow luar biasa!

Para peneliti di University of Maryland Medical Center Study, mengemukakan bahwa tersenyum dan tertawa lepas dapat mendorong produksi hormon endorfin dan mampu mendorong pelepasan racun dalam tubuh.

2. Isi pikiranmu dengan hal-hal yang positif.

Karena tubuh dan pikiran memiliki kaitan yang sangat erat. Cara pandang kita mempengaruhi kondisi tubuh. Sejumlah peneliti di Pittsburgh Carnegie Mellon University menemukan bahwa orang yang berpikir positif jarang terkena sakit.

3. Dengarkan musik yang lembut sebelum tidur.

Peneliti asal Taiwan mengungkapkan, mendengar musik yang menenangkan meningkatkan kualitas tidur sampai 35 persen. Musik berirama tenang efektif menurunkan hormon stres. Bantu juga dengan cara meredupkan cahaya dalam kamar. Tidur yang nyenyak merupakan syarat utama tubuh yang sehat dan bugar.

4. Melihat pemandangan yang indah.

Melihat panorama indah, seperti pemandangan hijau atau matahari dikala terbenam akan memberi ketenangan. Demikian studi yang pernah dilakukan Alice Domar, PhD, pendiri Domar Center for Mind/Body Health. Metode ini juga positif buat wanita yang terserang masalah PMS dan mood swing.

5. Tarik nafas perlahan dan dalam.

Menarik nafas dalam-dalam dan perlahan setidaknya sepuluh menit dalam sehari akan mengurangi potensi tekanan darah tinggi.

6. Bernyanyilah dengan riang gembira.

Bernyanyi dengan riang akan membentuk hormon endorfin dan serotonin yang membuat mood menjadi lebih baik. Bernyanyi juga bisa jadi pengalihan terbaik dari kesedihan dan rasa depresi.

7. Berdoalah.

Mungkin ini cara yang paling mudah kita lakukan setiap waktu. Memiliki harapan dan berserah diri akan memberikan ketenangan pada batin. Keseimbangan antara kesehatan fisik dan jiwa akan membuat Anda lebih bahagia. Beberapa riset menunjukkan orang yang memiliki jiwa sosial yang tinggi lebih jarang terkena penyakit jantung.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara untuk tingkatkan daya tahan tubuh agar tidak gampang sakit? Lakukan, friends! [swt]