Tim Maritim Challenge ITS Pecundangi Inggris Raya

Sering disebut sebagai kuda hitam, tim Maritim Challenge (MC) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya, menunjukkan keunggulan di berbagai kategori lomba Atlantic Challenge 2012 di Irlandia.

Aksi terbaru ditunjukkan tim MC ITS pada Jackstay Transfer, salah satu kategori lomba yang cukup berat. Di sini, tiap tim beranggotakan 15 orang harus membawa barang dari kapal induk ke dermaga dengan menggunakan tiang dan tali. Karena itu, tiap tim dibagi menjadi dua kelompok, 13 orang menjadi awak kapal di laut, dan dua orang lainnya menjadi awak darat.

Humas MC ITS Fiqhi Dian Nasrullah bertutur, penilaian pada kategori ini meliputi ketepatan, team work, keterampilan, dan tanggap kondisi. Tidak hanya itu, peserta juga berhadapan dengan penalti dan waktu.

Kapal Raja Segoro milik tim MC ITS berhadapan dengan tim Inggris Raya pada kategori ini. Tim Inggris Raya sendiri merupakan gabungan dari tim Wales, Skotlandia, dan Inggris.

"Banyak yang menjagokan tim Inggris Raya, dan berpendapat mereka akan meraih poin maksimal serta dengan mudah mengalahkan tim Indonesia. Apalagi dari segi fisik, tim Inggris Raya jauh lebih unggul,'' kata Fiqhi seperti dilansir laman resmi ITS, ITS Online, Jumat (27/7/2012).

Mahasiswa Teknik Perkapalan ini bercerita, tim Inggris Raya memang memimpin perlombaan ini. Sesaat setelah bel berbunyi, awak kedua kapal harus mendayung hingga ke pantai untuk mentransfer barang. Namun, keunggulan Inggris Raya tidaklah bertahan lama. Usai kapal berbelok, Rojo Segoro berhasil mengejar tim Inggris Raya dan mentransfer barang dengan baik, rapi dan tanpa pinalti.

Dukungan penonton yang berbalik ke tim Tanah Air pun menjadi pelecut untuk mencatatkan hasil maksimal. "Tim ITS berhasil tiba di garis finish 2,8 menit lebih cepat dari tim Inggris Raya," imbuh Fiqhi.

Pembimbing tim MC Prof. Ir. Daniel M Rosyid, PhD., MRINA, turut senang dengan kemenangan ini. ''Hasil yang cukup memuaskan,'' ujar pembimbing tim MC.

Tidak heran, kemenangan Rojo Segoro atas Inggris Raya ini menempatkan tim MC ITS di peringkat enam. Rojo Segoro pun mengungguli Inggris, Amerika Serikat (AS), Italia, Finlandia, Kanada, dan Prancis.

[oz]

0 Response to "Tim Maritim Challenge ITS Pecundangi Inggris Raya"

Post a Comment