Manusia Tertinggi di Dunia

Sultan Kosen
Meskipun bukan manusia tertinggi yang pernah ada, Sultan Kosen, kini dinyatakan sebagai manusia tertinggi di dunia yang masih hidup. Pemuda kelahiran Turki, 10 Desember 1982 ini diakui Guinness World Record (GWR) sebagai The Tallest Man Living.
 
Kosen memiliki tinggi 251 cm atau satu cm lebih tinggi dari 2,5 meter. Ketinggian tubuhnya itu telah mengalahkan pemegang rekor manusia tertinggi di dunia sebelumnya sejak tahun 2009. Ketika diukur oleh tim GWR Februari 2009, tinggi Kosen 246,5 cm. Tinggi itu sudah cukup melampaui Bao Xishun, orang tertinggi di dunia sebelumnya yang memiliki tinggi 236 cm.

Sultan Kosen

Meski sudah melewati usia 20 tahun, tubuh Kosen masih bertambah tinggi. Ketika diukur kembali pada Februari 2011 tingginya sudah mencapai 251,4 cm. Karena belum ada lagi orang yang memiliki tinggi melebihinya, Kosen kini masih memegang rekor The Tallest Man Living versi GWR.


Kosen memang agak kerepotan dengan tinggi tubuhnya. Yang menarik, ia satu-satunya di keluarga yang memiliki ukuran tubuh raksasa karena kelainan hormon. Orangtua dan empat saudara (3 laki-laki dan satu perempuan) merupakan manusia normal.

Sultan kosen manusia tertinggi

Karena ketinggian tubuhnya yang ekstrem itu ia kesulitan mengikuti sekolah sehingga sekolahnya tidak sampai selesai. Ia juga harus menggunakan tongkat saat berjalan. Ada rekor lain yang dipegang Kosen. Ia adalah manusia yang memiliki telapak tangan terbesar di dunia, yaitu sepanjang 28,5 cm. Kakinya juga memegang rekor sebagai kaki manusia terbesar yang masih hidup yaitu sepanjang 36,5 cm.

Sebagai pemegang rekor, Kosen kini mengikuti perjalanan yang diselenggarakan Guinness World Record ke berbagai penjuru dunia. Antara lain ke Inggris, Jerman, Spanyol, AS, Kuba, Brazil, dan sebagainya. (Foto:Thetallestman.com)