Makna Berbisnis bagi Kami

Peluang Bisnis
Pada minggu libur masal Idul Fitri kemarin, berbagai pengalaman kita alami.  Ada yang mudik, ada yang berlibur, ada juga yang menikmati kesunyian kompleks rumah tinggalnya karena penghuni lain sedang bepergian.

Karena berlibur lebaran lebih dini, kami sekeluarga sempat menikmati suasana relatif agak sepi di kompleks rumah.  Termasuk juga ‘menikmati’ kekosongan persediaan air minum dalam kemasan galon yang biasanya melimpah di toko-toko di seputar rumah.

Untung di toko kios langganan di dekat rumah masih ada satu-satunya galon air minum yang tersisa sehingga langsung kami beli sekaligus memesan telor ayam.  Pada saat bersamaan ada juga pembeli lain yang memesan telor ayam.  Karena persediaan telor ayam hanya tinggal setengah kilogram, maka pemilik kios dengan adil membagi kami hanya dua butir telor ayam karena sudah mendapatkan satu galon air minum.  Dan selamatlah ‘nasib’ makan dan minum di saat persediaan makanan sedang menipis di musim liburan.

Bisa dibayangkan apa jadinya kalau toko kios kecil tadi tidak berjualan, apalagi kalau kejadiannya di daerah terpencil.  Pemilik toko berjasa membantu masyarakat di sekitarnya untuk mendapatkan kebutuhan pokoknya.  Pebisnis tidak hanya mendapatkan manfaat bagi dirinya sendiri tetapi justru wajib memberi manfaat bagi konsumennya lebih dahulu sebelum kemudian mendapatkan manfaat dari keuntungan.

Meskipun masih ada yang beranggapan bahwa berbisnis itu curang atau mengambil keuntungan dari ketidakmampuan orang lain, tetapi dalam kenyataannya berbisnis itu baik.  Berbisnis bisa membantu orang lain yang tidak punya cukup waktu atau tidak punya akses mendapatkan barang atau jasa.

Berbisnis bisa memberi tambahan penghasilan, menyediakan kesempatan kerja, dan memberi manfaat meningkatkan kesejahteraan masyarakat termasuk keluarga sendiri.  Berbisnis juga meningkatkan roda perekonomian dan membuat negara punya kemampuan bersaing lebih baik dibandingkan negara-negara lain.

Berbisnis membantu para konsumen mendapatkan lebih banyak pilihan barang dan jasa.  Bisa dibayangkan kalau hanya ada satu jenis makanan, satu jenis kendaraan, satu siaran televisi, satu jenis baju, satu jenis rumah dan satu jenis program sekolah.  Berbisnis meningkatkan kemakmuran masyarakat karena bisa menyesuaikan pendapatan dengan barang atau jasa yang akan dibeli.  Berbisnis itu baik kok.


http://kickandy.com/friend/4/3/2170/read/Berbisnis-itu-Baik.html