Netbook Acer Membisu

Jum'at malam waktu Indonesia bagian barat saya pergi ke sebuah pusat penjualan barang elektronik di kota Bandung, tentu saja maksud saya datang ke tempat itu untuk membeli barang yang saya lagi butuhkan sekali untuk menunjang segala aktifitas sehari-hari, sebut saja netbook.

Dengan budget yang pas-pasan pilihanpun serba terbatas, keliling beberapa toko untuk sedikit mengetahui perbedaan harga dan akhirnya pilihan saya jatuh pada Acer aspire one. Tentu saja dengan pertimbangan spec, model, desain serta warna favorite. Waktu itu hanya Acer yang saya lihat menarik. Walaupun sebenarnya bukan merk yang saya suka, apa mau dikata uang yang berkata. hahaha.

Dengan perasaan bahagia, saya pun bergegas pulang ke rumah dengan rasa ingin segera mencoba teman baru saya ini. Sesampainya di rumah langsung saya bongkar kardus yang membungkus si kecil teman baru saya ini.

Bla..bla.. bla.. nyala, cek semua system berjalan dengan baik. Tapi... Ketika saya ingin mendengarkan lagu karena merasa sepi, tapi koq si kecil ini ga bunyi, ga ada suara sedikitpun, membisu seribu bahasa. Cek sana sini sudah benar. Volume full, pengaturan yang lain udah bener, terus apa yang salah? Pusing saya dan mulai sedikit ada rasa penyesalan dibenak ini. hufftt ah :D

Langsung saja saya browsing pinjem laptop kakak saya, cari tahu apa yang terjadi. Akhirnya nemu dimari.. Seperti ini penjelasannya:

Mungkin tidak hanya sekali dua kali spAcer (sebutan untuk pengguna acer) pernah mengalami hal di atas. Pengguna notebook memang terkadang mengeluhkan mengapa suara yang keluar dari notebook miliknya sangat kecil, atau malah tidak ada suara sama sekali. Tenang, notebook kamu tidak rusak kok, spAcer. Hal ini sebenarnya wajar saja terjadi, dan bisa dijelaskan.

Beberapa tipe notebook atau netbook Acer memang hanya memliki mono speaker. Nah, pada laptop yang pengeras suaranya hanya mono, bukan stereo, konfigurasi speaker biasanya diatur agar suara keluar dari channel sebelah kiri. Meskipun begitu, saat kita mencolokkan headphone atau speaker eksternal, maka suara akan muncul dalam mode stereo yang bisa diatur sampai seberapa keras suara keluar dari sisi kiri dan kanan.

Mengapa suara yang keluar terdengar sangat kecil, atau terkadang malah tidak ada? Kemungkinannya, bisa jadi karena spAcer pernah mengutak-atik pengaturan suara, kemudian menggeser tombol volume balance terlalu ke kiri sehingga suara yang harusnya keluar dari channel sebelah kiri tidak terdengar. Untuk mengatasinya, tinggal geser tombol ke arah kanan sampai terdengar suara.

Masih bingung di mana letak pengaturan volume balance? Kamu bisa mengikuti langkah ini.
  • Klik ikon speaker yang ada di Task Tray, kemudian klik ‘Mixer’
  • Pada jendela ‘Volume Mixer’ , klik ikon speaker

  • Pada jendela ‘Speaker Properties’, klik tab ‘Levels’
  • Di sebelah pilihan ‘Realtek HD Audio Output’, klik tombol ‘Balance’
  • Akan muncul kotak ‘Balance’, pastikan slider yang berfungsi mengatur audio channel sebelah kiri berada pada posisi yang mengeluarkan suara sesuai keinginannmu.

Bila setelah melakukan pengaturan ini tetap tidak keluar suara, bawa notebook kamu ke ACSC atau ACSP terdekat untuk diperiksa oleh teknisi ahli dari Acer.

Oooo... begitu toooh...

Tapi sebenarnya yang saya lakukan tidak sesuai dengan apa yang disebutkan di atas. Sebelum saya browsing cari tahu masalahnya itu, saya sempat restart dulu netbook saya dan saya tinggal ke kamar kakak saya. Bayangkan saja, capek hati dan pikiran ngeluhin masalah ini eh ternyata cuma di restart doang ini netbook bisa bunyi lagi. Kam***t saya bilang..

Semoga pengalaman ini hanya saya yang mengalami :D

0 Response to "Netbook Acer Membisu"

Post a Comment