Akibat tsunami Jepang gadis ini jadi bintang Gituan

Gadis Jepang
Bencana alam besar 11 Maret 2011 lalu, sampai saat ini masih menggores hati orang-orang Jepang terlebih warga Fukushima daerah yang paling mengerikan karena ada ledakan nuklir PLTN pada saat itu.

Tujuh korban bencana ini misalnya, wanita yang masih muda belia, kini hidupnya 180 derajat berubah total yang semula layaknya kehidupan sehari-hari seperti sekolah, belajar, dengan kehidupan normal, kini jadi artis video git-uan.

Cerita yang dikupas dalam buku "Soredemo Kanojo ha ikite iku" (Begitulah Gadis Itu Kini Hidup) dikutip dari Tribunnews.com.

Buku ini diterbitkan pada 1 Maret 2013 oleh Futabasha dengan pengarang Toru Yamakawa. Buku ini mengungkap kisah tujuh gadis Jepang dari daerah yang terkena bencana di Tohoku, baik Fukushima maupun Iwate. Semua diceritakan dengan nama samaran, untuk melindungi privacy mereka.

Natsu Itano, misalnya, dari perfektur Fukushima mengaku ada di sana saat bencana, "Saya ada di rumah saat bencana," kata gadis 21 tahun ini. Separuh rumahnya hancur diterjang bencana dahsyat gempa berkekuatan 9 SR disusul dengan tsunami hebat. "Kami menggunakan plastik dan apa adanya untuk menutupi rumah yang setengah hancur itu dan disitulah kami tetap berusaha hidup di tengah udara yang masih dingin."

Sekitar September dia pindah ke Tokyo untuk masuk semacam akademi sementara keluarganya tak ada uang. Jadi Itano belajar sambil bekerja untuk bisa membiayai dirinya sendiri.

Ia bekerja di Izakaya, tempat minum-minum dan di Pac-hinko tempat ju-di di Jepang. "Lalu saya tertarik pada iklan di online untuk jadi aktris dengan bayaran besar," lanjutnya. Iyulah awal mulanya dia jadi pemain film gituan.

Kemudian Haruka Komiya, gadis berusia 20 tahun dari perfektur Iwate mengakui semuanya telah mengubah dirinya akibat bencana alam itu. Gadis lainnya yang berusia 18 tahun, Saya Kawagoe, dari Iwate masuk dalam penulisan di buku tersebut. "Tentu saja saya mendapat kritik dari keluarga mengenai pekerjaan saya," ujarnya yang saat itu mengaku masih suci.

"Saya berusaha mempertahankan kesuciannya dan memberikan hanya kepada yang saya cintai saja. Tapi saya sadar dengan begitu saya tak akan bisa hidup dan tak akan dapat uang," paparnya.

Mungkin ini hanya sebagian kecil gadis-gadis bernasib sama seperti yang dituliskan dalam buku ini. Apapun yang terjadi dalam hidup tentu kita harus pikirkan baik-baik sebelum mengambil langkah. Semoga ini jadi pelajaran berharga bagi pembaca.

Foto: ilustrasi