Saran Sebelum Mempublish Sebuah Postingan

I love Blogging
Ngeblog memang sebuah kebahagiaan bagi kita sebagai blogger, kadang hari tanpa ngeblog itu terasa ga lengkap, hampa sekali, entah candu atau apalah, memang perasaan itu seperti itulah adanya.

Untuk gaya tulisan dan bahasa di postingan kali ini, cenderung agak sedikit tidak baku alias menggunakan bahasa sehari-hari saya. Bagi saya tidak apalah yang penting maksud dan tujuan dari isi post ini sampai pada pembaca yang membutuhkannya.

Kembali ke topik judul. Kenapa judulnya seperti itu? Sebenarnya ini merupakan pengalaman-pengalaman saya selama ngeblog, kadang dibenak kita muncul ide secara tiba-tiba, misalkan lagi duduk atau nonton tv tiba-tiba terlintas sebuah kalimat di otak yang jika diaplikasikan menjadi sebuah judul postingan kayaknya boleh juga nih. Langsung buka laptop, colokin modem, konek, buka blog, dan langsung buat postingan sesuai dengan apa yang dipikirkan tadi.

Beberapa menit kemuadian, di cek via google search, ternyata eh ternyata, judul posting yang kita yakini belum ada blogger manapun yang membuatnya, sudah ada beberapa yang publish, dengan judul yang hampir mirip sama kita, tentu hal ini membuat persaingan dalam persilatan SERP menjadi tak terhindarkan.

Berdasarkan pengalaman itulah saya menyarankan sebelum mempublish sebuah post ada baiknya:

1. Cek dulu judul yang akan kita buat di google search engine.

Lakukan pengecekan dengan mengetik judul kita di kolom pencarian google, apabila belum ada yang menggunakan, atau tidak ada yang mirip sekalipun dengan judul yang kita rencanakan, dipastikan kita gunakan judul yang kita rencanakan tersebut. Cek juga keyword yang banyak dicari, rangkai keyword tersebut ke dalam judul yang telah kita rencanakan tadi. Tujuannya agar judul kita "tertembak" oleh keyword tersebut.

2. Isi boleh hampir-hampir mirip, tapi judul janganlah dibuat mirip.

Kebiasaan blogger yang suka full copas (copy paste) menjadikan blognya malah tidak menarik, banyak sekali masalah yang bisa melemahkan kekuatan blognya. Misalnya untuk mendaftar google adsense jadi sulit di approve karena alasan konten, padahal blognya lumayan bagus dan meyakinkan, akhirnya dari lemah akan menjadi lemas dan berujung frustasi. Ada baiknya mengcopy tapi sedikit-sedikit diperbaharui dengan kata-kata kita, terutama bagian judul, buat ngeblog ini menjadi kebiasaan untuk menuangkan semua karya kita sendiri.

3. Publish postinganmu dipenghujung pekan.

Kenapa harus dipenghujung pekan? Ini adalah sebuah penelitian yang telah saya lakukan, pada postingan saya sebelumnya, "Penelitian: Traffic Galatema Meningkat Saat Malam Minggu" telah dipaparkan efek malam minggu bagi internet. Jumlah pengguna internet pada malam minggu meningkat hampir 50%, sehingga kemungkinan orang untuk mengunjungi blogmu semakin besar, contohnya blog saya ini. Dengan postingan yang masih fresh, google search lebih menjamin menampilkannya di page pertama, setidaknya itu yang saya rasakan.

Oke, demikian wejangan dari makhluk yang tak sempurna ini, boleh diterima atau tidak saran ini, yang jelas ini hanya pengalaman saya. Semoga membantu meningkatkan traffic blog kita.

Happy blogging! CMIWW!